Monday 11 April 2016

CARA MUDAH MENGUASAI FORMULA SUMIF DAN VLOOKUP DI EXCEL


MENGUASAI FORMULA SUMIF DAN VLOOKUP DI EXCEL


Ayo!!!Belajar trusss

Heii.....
pada kesempatan ini, saya akan berbagi pengetahuan mengenai penggunaan Formula SUMIF dan VLOOKUP di Excel.
  • Vlookup digunakan untuk mengisi data berdasarkan data pada tabel referensi yang disusun berdasarkan kolom / memanjang kebawah secara vertikal. Penulisan rumusnya adalah : =VLOOKUP(nilai kunci;tabel referensi; nomor index kolom; tipe).
  • SUMIF digunakan untuk  menangani penjumlahan satu kriteria.

Penggunaan VLOOKUP

Untuk menggunakannya, maka buatlah data seperti tabel dibawah ini:


Selanjutnya, Blok tabel keterangan sebagai tabel referensi dari kolom nilai 0 sampai kolom keterangan lulus yang paling bawah. Lalu tulis ket. dibagian kolom pojok kiri atas kotak nama ( name Box ) seperti pada gambar beriku ini:


Selanjutnya, kita akan mencari keterangan dari nilai UTS. Caranya yaitu =VLOOKUP(Kolom yang mau dibandingkan nilainya;ket. [sebagai tabel  referensi];nomor kolom referensi sebagai hasil pembanding). Jika data yang anda buat sama persis penempatannya dengan gambar yang ada diblok ini, maka kira-kira rumusnya adalah : =VLOOKUP(D4;Ket.;2) dan untuk mencari nilai yang lain maka cukup tarik kebawah. Hasilnya seperti berikut.


Dengan cara yang sama, maka carilah hasil dari keterangan Nilai UAS. Jika sudah selesai dan berhasil, maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini  :



Penggunaan SUMIF

Sekarang kita akan menghitung Jumlah dari setiap kategori keterangan nilai UTS yang ada. Caranya adalah : =SUMIF(blok semua kolom kategori Nilai UTS dari 1-10 dan kunci dengan F4;klik kolom Lulus jika yang dicari adalah jumlah dari lulus atau kolom Tugas tambahan jika yang dicari jumlahnya adalah Tugas tambahn dan begitu seterusnya; blok kolom Nilai UTS dari 1-10 dan kunci dengan F4). Untuk lebih jelasnya lihat Gambar dibawah ini.
Catatan : penguncian kolom atau baris dilakukan untuk memudahkan ketika deseret kebaris atau kolom berikutnya.


Lakukan hal yang sama untuk mencari jumlah kategori lainnya, jika selesai maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

Untuk mencari jumlah setiap kategori  dari Nilai UAS, caranya sama dengan mencari Total kategori UTS. Kolom keterangan yang digunakan adakah kolom keterangan UAS dan kolom NIlai yang di blok adalah Kolom Nilai UAS. Jika berhasil, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
Selesai...


Itulah cara pemakaian VLOOKUP dan SUMIF pada sebuah data seperti diatas, saudara bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan. Jangan berhenti untuk mencoba ketika hasilnya selalu gagal, terus ulang dan perhatikan pemakaian titik koma atau titik dua serta tanda koma. Hal tersebut dsangata berpengaruh dengan hasil formulany. jika ada yang ragu, silahkan berikan komentarnya.

TERIMAKASIH TELAH BEKUNJUNG DAN SEMOGA BERMANFAAT.
firmanzaro.blogspot.com

No comments:

Post a Comment